16 November 2010

KEUTAMAAN SEDEKAH

MALAM ITU..
Bulan bersinar terang di langit bintang2 bertaburan. Subhanallah, alangkah indahnya.

Seorang lelaki bernama karim keluar dr rumahnya.
Dulu, dia dikenal gemar melakukan perbuatan yang dilarang agama. Namun kini dia telah insyaf n bertobat. Sekarang, dia rajin sholat berjamaah dimasjid. Dia juga tidak merasa malu untuk ikut mengaji n belajar membaca Al_qur'an bersama anak2 yang lebih muda usianya.

Malam itu, setelah mendengar penjelasan dari imam masjid tentang keutamaan SHADAQAH/SEDEKAH, hati Karìm tergerak. Imam masjid menjelaskan, jika seseorang memiliki uang seribu dirham n dia menyedekahkan 300 dirham, maka yang 300 dirham itulah yang kekal n dapat di nikmati di akhirat. Sedangkan yang 700 dirham tidak berbuah apa2.
Bahkan uang yang disedekahkan tadi akan dilipat gandakan oleh Allah sebanyak 700 x. Sedekah itu membuat harta n rizki yang ada menjadi penuh berkah.

Selama ini Karim dikenal kaya n kikir, namun sejak insyaf n tobat dia berniat mengorbankan segala yang dimlikinya untuk memperoleh ridho Allah..sebagian hartany direncanakan untuk disedekahkan n di infakkan dijalan Allah.

Suatu malam dia melangkah menuju suatu rumah, dia telah menyiapkan sekantong uang untuk disedekahkan. Begitu sampai dirumah yang dituju dia ketuk pintu. Lelaki berkumis tebal muncul dari dalam rumahnya, setelah mengucap salam dia memberikan kantong tadi ke pemilik rumah. Kejadian itu ternyata diketahui beberapa penduduk.
Pagi harinya, orang2 dipasar ramai membicarakan apa yang dilakukan Karim.
Orang yang melihat Karim bersedekah berkata dengan nada mengejek "dasar tidak tahu agama, sedekah aja keliru, masak sedekah kok kepada pencuri, kalau sedekah itu ya harusnya pada orang yang baik2 "
Obrolan orang pasar terdengar ketelinga Karim, ia hanya berkata dalam hati " Alhamdulillah, telah bersedekah kepada pencuri".

Malam berikutnya, Karim kembali keluar rumah, n ingin bersedekah, ia membawa sekantong uang.
Kali ini dia memilih rumah dipinggir kota.
Kemudian dia mengetuk pintu, seorang wanita keluar dari rumahnya. Karim langsung menyerahkan sedekahnya lalu pulang.
Pagi hari pasar kembali ribut.
Ternyata ada orang yang mengetahui perbuatan karim semalam.
Orang itu bercerita sinis "memang Karim itu tidak jelas, rajin ke masjid tapi bersedekah saja kok salah. Kemarin malam bersedekah pada pencuri, lha semalam dia bersedekah pada pelacur ".
Perbincangan itu terdengar juga pada telinga Karim. Dia hanya berkata lirih, "alhmdulillah telah bersedekah pda pelacur".

Malam harinya Karim kembali keluar rumah untuk bersedekah.
Dia memilih rumah yang ada di dekat pasar.
Kali ini dia berharap tidak keliru memberi sedekah.

Pagi harinya pasar lebih ribut dari sebelumnya.
Seorang penjual daging berkata
"gak taulah! Karim itu memang aneh, mau sedekah aja kok kepada orang kaya.padahal orang yang miskin n memerlukan uang untuk makan kan masih banyak n di mana2 !"
Mendengar berita n omongan orang pasar tentang kekeliruannya dalam bersedekah. Dia hanya berkata "Alhamdulillah, telah bersedekah pada pencuri,pelacur n orang kaya".

Malam harinya kirim sholat tahajud lalu tidur.
Dalam tidur dia bermimpi di datangi seseorang n berkata
"sedekahmu pada pencuri, membuat pencuri insyaf, sehingga kini dia tidak mencuri lagi. Sedekahmu pada pelacur, membuat wanita itu tobat n tidak berzina lagi n sedekahmu kepada orang kaya menjadikan dia sadar n merasa malu. Kini orang kaya yang pelit itu mau mengeluarkan zakat n infak. Sedekahmu yang ikhlas itu di ridhoi Allah SWT."

Setelah itu, Karim semakin kusyuk beribadah n banyak mengerjakan kebajikan. Dia sadar bahwa yang paling penting ibadah adalah NIAT KARENA ALLAH bukan sekedar mengikuti perkataan orang banyak, hanya Allah yang berhak menilai, diterima atau tidaknya amal ibadah seseorang.


Di kirim oleh : Ezza Aziza untuk OLEHTISME FANS LOVE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar